Berburu Peralatan Ngonten di Promo 10.10 Tokopedia

Table of Contents
ilustrasi peralatan konten kreator, sumber Pixabay

Content creator kini jadi salah satu profesi atau pekerjaan yang diminati dan dijalani banyak orang. Alasannya mungkin karena industri kreatif tidak memiliki batas, terutama dalam hal penghasilan dan tidak terlalu banyak aturan jika dibandingkan pekerjaan lainnya.

Alasan lainnya, mungkin juga karena tidak diperlukan pendidikan yang khusus dan tidak terbatas usia untuk menjadi konten kreator. Ya, siapapun bisa menjadi konten kreator jika ia mau, bahkan ketika usia seseorang sudah senja. Contoh konten kreator lansia adalah Lynn Yamada Davis atau dikenal sebagai Lynja. Ia memiliki kanal konten 'Cooking with Lynja' dengan pengikut lebih dari 19 juta di TikTok. Sayang sekali Lynja sudah berpulang di tahun 2022 lalu.

Meski untuk memulai karir sebagai konten kreator tidak harus memiliki keahlian khusus, tetap saja kamu perlu berbagai peralatan untuk memproduksi konten. Kira-kira peralatannya apa saja ya? Yuk ketahui alat-alat penting yang wajib kamu punya sebagai content creator!

5 Peralatan Untuk Membuat Konten

1. Perangkat Rekam

  • Kamera

Untuk menghasilkan konten, pastinya perlu alat untuk merekam. Jika kamu ingin menghasilkan gambar atau video yang berkualitas tinggi, pilihlah kamera DSLR. Namun jika kamu lebih banyak di luar ruangan dan butuh kamera yang ringan, maka pertimbangkan memilih kamera mirrorless.

Secara kualitas kamera jauh lebih unggul ketimbang smarphone, tapi pastinya lebih dalam menguras kocekmu.

  • Smartphone

Berkat hadirnya berbagai brand Smartphone yang semakin canggih, kini smartphone bisa menjadi alternatif atau alat penting pokok yang bisa digunakan untuk membuat konten, alih-alih kamera yang biasanya dijual dengan harga lebih mahal dan perawatan yang lebih rumit.

Smartphone yang paling umum dipakai adalah Iphone. Tapi ga mutlak kok, jika budgetmu kurang memadai bisa gunakan smartphone berbasis Android yang lebih terjangkau dengan spesifikasi yang sudah cukup mumpuni.

2. Ringlight atau Soft Box


Supaya konten yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik tentunya perlu pencahayaan yang baik pula. Cahaya alami tentu saja yang terbaik, tapi bagaimana jika perlu membuat konten di dalam ruangan yang tidak cukup akses cahaya. Ya, kamu butuh alat pencahayaan khusus misalnya ringlight atau softbox.

Ringlight biasanya dikemas sekaligus dengan tripod panjang yang akan mempermudah pekerjaanmu dalam membuat konten. Pada ringlight biasanya juga tersedia banyak pilihan warna cahaya yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk softbox, alat pencahayaan ini cocok jika kamu memerlukan cahaya tambahan yang lebih lembut dan menyebar.

3. HP Holder/ Tripod


HP holder atau tripod bisa dibilang menjadi salah satu alat penting yang wajib dimiliki kontent kreator. Alat ini sangat berguna dalam proses pengambilan gambar atau video, terutama saat tidak ada orang di sekitar untuk membantu. Selain itu, menggunakan holder atau tripod juga akan membuat hasil video dan foto lebih stabil dan tidak bergoyang.

Selain HP Holder dan tripod, boleh juga tambahkan tongsis/tongkat selfie sebagai varian penyangga smartphone yang lebih fleksibel ketika membuat konten bergerak di luar ruangan.

4. Mikrofon atau Clip on


Selanjutnya adalah alat yang membantu hasil audio dari rekaman menjadi lebih jelas dan jernih, yaitu mikrofon atau clip on. Memakai mikrofon atau clip on sangat bermanfaat ketika harus melakukan pengambilan konten di luar ruangan atau pada kondisi ramai. Alat ini pun berguna jika konten memerlukan voice over karena akan menghasilkan suara yang lebih baik ketimbang menggunakan mikrofon bawaan smartphone.

5. Laptop

Untuk memproses konten yang telah direkam, kamu mungkin bisa menggunakan smartphone namun kemampuan dan kapasitas smartphone pasti terbatas. Jika smartphone dirasa kurang, berarti kamu butuh laptop untuk mengedit dan mengolah video.


Itulah 5 peralatan yang setidaknya harus dimiliki oleh seorang konten kreator. Jika kamu belum memiliki semua peralatan di atas, Tokopedia menyediakan banyak pilihan peralatan kebutuhan konten kreator mulai dari kamera, smartphone, microphone, clip on, ringlight, bermacam holder smartphone dan bahkan laptop. Semua bisa dibeli di Tokopedia sesuai dengan dengan kebutuhan konten yang akan kamu buat.                

Supaya lebih hemat, bulan Oktober ini jangan lewatkan promo tanggal kembar di Tokopedia yaitu promo 10.10 yang memberikan banyak diskon, voucher dan gratis ongkir. Jangan lewatkan juga flash sale Tokopedia karena kamu bisa mendapatkan barang-barang dengan harga ndlosor

Promo 10.10 Tokopedia adalah kesempatan yang tepat berbelanja peralatan ngonten dengan harga yang lebih murah dan pilihannya pun beragam. Sebagai pengguna dan pelanggan Tokopedia sejak 2015 saya sudah merasakan kemudahan berbelanja berbagai macam barang mulai dari yang receh hingga yang mahal dan selama ini tidak ada keluhan berarti karena saya punya tips agar semua transaksi pembelian aman dan memuaskan hingga sampai di tangan.

Tips puas berbelanja di Tokopedia ala Duniaqtoy.com:
  • manfaatkan promo dan gratis ongkir
  • pilih toko terpercaya (ditandai dengan Dilayani Tokopedia, Official Store, Power Merchant Pro atau Power Merchant)
  • cek rating dan ulasan
  • filter hasil pencarian untuk harga paling kompetitif
  • videokan saat unboxing barang yang diterima
Tunggu apa lagi, yuk terapkan tips di atas untuk berburu peralatan ngonten di promo Tokopedia 10.10 !

24 comments

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!
Comment Author Avatar
October 9, 2024 at 9:16 AM Delete
wah iya besok 10.10 ya, siap2 nih jari-jari mesti gercep sama barang incaran, pasti promonya menggila
Comment Author Avatar
October 9, 2024 at 10:43 PM Delete
tiap tanggal kembar pasti ada diskon gede mba, setel alarmn jangan lupa
Comment Author Avatar
October 9, 2024 at 1:44 PM Delete
setuju banget mba kalau beli alat-alat perkontenan itu paling tepat di promo tanggal kembar, diskonnya mantap, jangan lupa persiapan masukin ke keranjang, kalau bisa malah kadang aku tuh nungguin pas tengah malam mba, diskonnya lebih mantul lagi
Comment Author Avatar
October 9, 2024 at 10:44 PM Delete
sama mba. cuma kalau terlanjur kelewat, masih ada jam-jam diskon lainnya loh
Comment Author Avatar
October 9, 2024 at 10:19 PM Delete
Pas banget baca ini ketika besok 10.10. Makasih rekomendasinya ya, Kak. Memang pakai hp praktis dan hasilnya juga sudah cukup oke, tapi kalau mau lebih optimal tentu perlu alat-alat pendukung tersendiri.
Comment Author Avatar
October 9, 2024 at 10:45 PM Delete
iya pake hp juga udah banyak yang oke. Tambah lagi kl sudah ada budget sih
Comment Author Avatar
October 12, 2024 at 5:26 AM Delete
Konten kreator profesional wanib memiliki peralatan yang mendukung ya
Biar ngonten makin ciamik
Tokopedia surganya beli peralatan konten terlengkap
Comment Author Avatar
October 14, 2024 at 5:23 AM Delete
Minimal 3 dari 5 list ini kak
Comment Author Avatar
October 12, 2024 at 2:09 PM Delete
Jiaah saya ketinggalan 10 10, baru kepikiran juga memanfaatkan momen itu untuk beli peralatan ngonten ya kak, aku butuh bange clip on, udah beberapa kali beli tapi kurang oke.
Comment Author Avatar
October 14, 2024 at 5:24 AM Delete
Belum telat sih kak. Atau cari dulu di Tokopedia, masukkan wishlist dulu. Nti bulan depan CO
Comment Author Avatar
October 14, 2024 at 10:34 AM Delete
wah aku sudah punya peralatan di atas tapi belum maksimal euy bikin kontennya. masih susah bagi waktu antara bikin konten dan tidur. hehe
Comment Author Avatar
October 14, 2024 at 10:41 AM Delete
Hehe gpp mba. Bikin 1 konten aja tiap hari dengan durasi pendek
Comment Author Avatar
October 14, 2024 at 4:50 PM Delete
Ketinggalan promo 10.10 nya, karena sering diinfoin sama temen kalau tokped sering ada promo akhirnya aku pakai juga aplikasinya, kebetulan pengen beli tripod biar ngontennya makin ciamik
Comment Author Avatar
October 16, 2024 at 9:41 PM Delete
next ada 11.11 mba, ayo pasang alarm jangan sampai ketinggalan
Comment Author Avatar
October 15, 2024 at 12:05 PM Delete
iya kemarin sempet banyak yang nawarin sama ngeshare promo di toped pas 10.10 hehehe, tapi klo untuk ngonten aku cuma belum ada ringlight aja kayaknya
Comment Author Avatar
October 16, 2024 at 9:42 PM Delete
ring light di bawah 100 ribu ada banyak di Tokopedia. Dulu aku beli kayaknya 75ribu dan sampai sekarang masi aku pakai
Comment Author Avatar
October 15, 2024 at 3:56 PM Delete
Jadinya dapat apa Kak di momen 10.10 kemarin? Kesempatan sih mnrtku tuh klo ada momen2 belanja kayak 10.10, kesempatan bs dpt produk bagus dg harga murah
Comment Author Avatar
October 16, 2024 at 9:43 PM Delete
karena peralatan ngonten aku udah komplit jadinya aku beli kebutuhan dapur yaitu bumbu dasar siap masak kak, hahaha
Comment Author Avatar
October 15, 2024 at 7:26 PM Delete
Investasi banget yaa, ka..
Meski konten kreator ini bisa dilakukan siapa saja, tapi tetap memikirkan konsep dan target penonton yang potensial. Sehingga kudu totalitas mempersiapkan "investasi" melalui promo tanggal kembar Tokopedia 10.10 agar kontennya memuaskan dan bisa menjangkau lebih luas.
Comment Author Avatar
October 16, 2024 at 9:45 PM Delete
ga rugi investasi peralatan ngonten lho kak. Apalagi kalau pas promo kayak 10.10 gitu bisa dapet murce
Comment Author Avatar
October 16, 2024 at 8:24 AM Delete
Waaah lengkap sekali rekomendasinya.. sayangnya ini lewat tanggalnya..

EH gapapa deh buat rekomendasi 11.11 hihi
Comment Author Avatar
October 16, 2024 at 9:46 PM Delete
tenang kak, tiap tanggal kembar jangan lupa pantengin Tokopedia
Comment Author Avatar
October 22, 2024 at 6:53 PM Delete
Kalau sudah promo besar-besaran begini mah jadi pengen ngeborong semua ya peralatan per kontenan. Aku juga kemaren nyicil beli satu-satu alat per kontenan mba. Mumpung lagi promo dan lumayan harganya murah
Comment Author Avatar
October 22, 2024 at 9:49 PM Delete
yap bener bngt mba. Kalau promo tuh sayang dilewatkan. Siapa tahu dapat harga paling cetar
Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Intellifluence Herd Worth Value: $97 Intellifluence Trusted Blogger Link Banner Link Banner Link Banner Seedbacklink