Gawai Ramah Anak: Mengenal Fitur Family Link

Table of Contents

Mengasuh anak haruslah sesuai zamannya, setuju ga bu, pak?
Zaman dahulu, sebelum ada berbagai macam gadget terutama yang bisa dipegang oleh tangan, anak-anak bermain dan belajar dengan apa yang ada di sekitarnya. Main di lapangan, gobak sodor, masak-masakan, petak umpet, lompat tali dan sebagainya.

Namun kini, perkembangan teknologi digital telah banyak mengubah cara kita hidup termasuk bagi anak-anak untuk berinteraksi dan mengakses informasi. Disebut sebagai genZ, anak-anak masa kini adalah generasi digital asli, tumbuh besar dengan gawai sebagai teman bermain.

Sayang sekali, jika penggunaan gawai tidak terkontrol, di balik kemudahan yang ditawarkan, muncul kekhawatiran tentang dampak negatif sehingga sebagai orang tua kita harus memikirkan solusi.

Di postingan ini saya akan berbagi tentang fitur Family Link sebagai upaya kontrol gawai anak-anak.

Family Link

Family Link adalah fitur yang memungkinkan orang tua untuk mengatur dan mengawasi penggunaan gawai Android milik anak-anaknya. Dengan fitur ini, orang tua dapat:
  • Mengatur waktu penggunaan: Menentukan jam-jam tertentu di mana anak-anak dapat menggunakan gawai, misalnya membatasi waktu penggunaan gawai saat belajar atau tidur.
  • Memblokir aplikasi: Memblokir aplikasi yang tidak sesuai dengan usia atau minat anak, seperti game dengan konten kekerasan atau aplikasi jejaring sosial yang tidak disarankan.
  • Melacak lokasi: Mengetahui di mana anak berada melalui fitur pelacakan lokasi.
  • Mengelola konten: Memfilter konten yang tidak pantas, seperti situs web yang mengandung kekerasan, pornografi, atau bahasa kasar.
  • Menerapkan kontrol parental: Memberikan izin atau menolak permintaan anak untuk mengunduh aplikasi, melakukan pembelian di dalam aplikasi, atau mengubah pengaturan perangkat.

Mengapa Family Link Penting?

  • Keamanan: Melindungi anak dari konten yang tidak pantas dan orang asing yang berniat buruk.
  • Keseimbangan: Membantu anak-anak mengembangkan kebiasaan penggunaan gawai yang sehat dan seimbang.
  • Pendidikan: Memberikan orang tua kesempatan untuk mendidik anak-anak tentang penggunaan teknologi yang bertanggung jawab.

Cara Menggunakan Family Link

1. Pertama adalah gunakan gawai khusus untuk anak. Jangan biarkan gawai kita dan anak pada satu perangkat yang sama.
2. Buat akun Google untuk anak: Jika anak belum memiliki akun Google, orang tua perlu membuatkan akun untuknya.
3. Unduh aplikasi Family Link: Instal aplikasi Family Link di gawai orang tua dan gawai anak.
4. Hubungkan kedua perangkat: Ikuti petunjuk di aplikasi untuk menghubungkan gawai orang tua dan gawai anak.
5. Mulai mengatur: Setelah terhubung, orang tua dapat mulai mengatur berbagai pengaturan sesuai dengan kebutuhan.

Tips Tambahan

Nah sekarang, jika Family Link sudah terinstal dan digunakan sebagai fitur teknologi yang membantu para orang tua mengawasi dan membatasi gawai anak-anaknya, tetap saja anak-anak kita butuh kehadiran orang tuanya baik fisik maupun psikologis.
  • Komunikasi terbuka: Selain menggunakan fitur Family Link, penting untuk berkomunikasi secara terbuka dengan anak tentang penggunaan gawai. Jelaskan alasan di balik aturan yang dibuat dan ajak mereka berdiskusi.
  • Jadilah contoh: Orang tua perlu menjadi contoh dalam penggunaan gawai. Batasi waktu penggunaan gawai sendiri dan tunjukkan bagaimana menggunakan gawai secara bijak.
  • Beradaptasi: Aturan penggunaan gawai perlu disesuaikan dengan usia dan perkembangan anak. Seiring bertambahnya usia, anak-anak membutuhkan lebih banyak kebebasan, namun pengawasan tetap diperlukan.
Mari bijak memanfaatkan teknologi, bukan kita yang dimanfaatkan teknologi.

Post a Comment

Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Link Banner Intellifluence Herd Worth Value: $97 Intellifluence Trusted Blogger Link Banner Link Banner Link Banner Seedbacklink